Jumat, 29 Mei 2015

[syiar-islam] FATWA HABIB UMAR BIN HAFIDZ TENTANG SYI'AH

 

Assalamu'alaikum wr wb
Ini adalah jawaban Habib Umar bin Hafidz terhadap seorang Syi'i yang mengaku dari Ja'fari. Apakah dia kafir atau bukan.
Di antara jawaban Habib Umar adalah bahwa di Yaman Syi'ah Zaidiyah itu selama ratusan tahun hidup rukun dgn kaum Sunni (di Yaman 40% rakyatnya Syi'ah Zaidiyyah). Mereka sholat bareng dgn orang2 Sunni di Masjid yang sama. Secara Fiqih mereka hampir di semua hal mirip dgn mazhab Hanafi. Bahkan lebih mirip ketimbang mazhab Hambali dgn Maliki.
Dgn mengakui sbg Syi'ah Ja'fari saja, selama memuliakan Allah, Malaikat, Kitab Suci, Nabi, dsb dan mengerjakan rukun Islam maka dia adalah Muslim. Kecuali jika dia menampakkan kekafiran.

https://www.youtube.com/watch?v=EqNJAkIUpjs
Berbeda dengan apa yang disebutkan oleh albayyinat.net yang menyatakan bahwa Habib Umar bin Hafidz menyebut Syiah sebagai "sesat dan menyesatkan", dalam pertemuan dengan habaib dan ustazd Syiah di Jakarta, Habib Umar mempunyai jawaban yang berbeda. Berikut video pertemuan tersebut pada Februari 2008 di kediaman Sayid Zein bin Smith (Ketua Rabithah Alawiyah Indonesia)

Habib Umar bin Hafidz : Karena itu orang-orang seperti Anda yang berpendapat apa pun (Ustadz Hasan Dalil dan Syi'ah red), misalnya Anda berkata, "Saya Syiah, saya pengikut Imam Ja'far Shadiq," tidak boleh dikafirkan, dengan ucapan ini, pandangan ini, tidak bisa dikafirkan. Tidak yang diyakini orang-orang seperti Anda kecuali bahwa Anda mengagungkan Allah Swt., mengagungkan rasul-Nya, mengagungkan Alquran, mengagungkan umumnya kaum mukminin dan kalangan khusus dari mereka
====

Habib Umar bin Hafidz dan Habib Ali Al Jufri dari Yaman adalah beberapa dari ratusan ulama penanda-tangan Risalah Amman yang menyatakan Sunni dan Syi'ah adalah bagian dari Islam dan dilarang saling mengkafirkan. Selain mereka ada  Hasyim Muzadi, Din Syamsuddin, Qaradhawi, Al Buthi, Syekh Al Azhar Ali Jum'ah dan Ahmad Thayyib, bahkan raja Arab Saudi Abdullah dan Ulama Saudi Syekh Mani.

http://ammanmessage.com/index.php?option=com_content&task=view&id=17&Itemid=31

http://kabarislamia.com/2013/08/06/risalah-amman-ijma-ulama-dianggap-akal2an-syiah-oleh-wahabi/

Ini adalah Demo anti Syi'ah. Barusan di Masjid seorang Ustad Wahabi yg umurnya 30-an secara lantang mengatakan Syi'ah itu kafir. Mungkin dia cuma tahu Syi'ah Ghulat atau Rafidhoh saja dari gurunya. Itulah sebabnya mereka demo dan takfir thd Syi'ah:

Ketua Tanfidz PBNU Said Agil Siradj : Syi'ah adalah mazhab Islam yg membanggakan karena dari generasi ke generasi konsisten membangun dan menjaga tradisi Intelektual dan Ilmiyah, Gus Dur : NU adalah Syi'ah minus Imamah, Ketua Muhammadiyah Dien Syamsuddin: Sunnah-Syi'ah wajib menjalin Ukhuwah sebagai prasyarat menuju Kejayaan Isam, Fatwa Syaikhul Azhar dan Mufti Mesir Syi'ah adaalah MAzhab yg sah di dalam Islam, Risalah Amman 2005 mengakui dan memasukkan Syi'ah Imamiyah satu diantara 8 mazhab resmi di dlm Islam bahkan Habib Umar bin Hafidz dan Habib Ali al-Jufri termasuk orang yg membubuhkan tanda tangannya diantara ratusan Ulama yg memiliki otoritas dalam berfatwa, setiap tahun jamaah haji muslim syi'ah menunaikan Ibadah haji ke tanah suci dan tak ada satu negara pun yg bisa melarangnya,dan ada 4 orang Ulama Syi'ah duduk di MUI Pusat menunjukan penghargaan kepada mazhab Syi'ah sebagai bagian yg tak terpisahkan dari Umat Islam.
________________________________________­___
Sedih ya?....ya kita sudah sepantasnya bersedih, miris, kecewa, dlsb....toleransi terhadap kemajemukan sudah tak ada, dengan dalih membela agama/mazhab/golongan maka kekerasan, intimidasi, pembusukan karakter, fitnah dan kedustaan seolah mendapat tempat dan dibenarkan disisi lain juga tugas para pemimpin Agama menjadi dipertanyakan kenapa mereka terkesan lamban dan tak mau mengeluarkan sikap dan tindakan nyata untuk meredam konflik horisontal ini. Sebetulnya asal mau berjiwa besar dan demi maslahat Bangsa dan Negara Majelis Ulama Indonesia sebagai mitra pemerintah bisa mengeluarkan Fatwa yg tegas dan eksplisit bahwa Sunnah-Syi'ah bersaudara dan wajib menjalin Ukhuwah Islamiyah dgn keluarnya Fatwa tegas tersebut maka siapapun anak bangsa ini tak bisa seenaknya bertindak anarkhis atas nama mazhab atau apapun namanya...beranikah mereka besikap dan mengeluarkan FATWA ??

Semoga MUI dan Pemerintah bertindak cepat dan tepat !!!
https://www.youtube.com/watch?v=wXwM7kAkS14


Islamkah Syiah? 
Wed, 9 August 2006 03:15 - | Dibaca 7.412 kali | Bidang aqidah

Assalamu'alaikum wr wb

Ustadzyangdimuliakan ALLAH SWT, saya tidak banyak tahu tentang kaum Syiah. Apakah mereka kafir karena beribadah tidah mengikut sunah Rasul SAW, tapi walaupun demikian mereka beriman pada ALLAH SWT. Apakah pandangan Islam terhadap kaum Syiah?

Mohon penjelasannya secara luas, semoga Ustadz berkenan menjawab pertanyaan saya ini.

Wassalam

Ana

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, 

Sebagian dari kelompok Syiah ada yang mengingkari mushaf Al-Quran yang dimiliki umat Islam sedunia. Mereka konon punya jenis mushaf sendiri yang berbeda isinya. Seandainya ada sekelompok orang dari kalangan Syiah atau selain Syiah yang punya i'tikad seperti, maka jelaslah kekafiran mereka.

Sebagian dari kelompok Syiah ekstrem ada yang tidak mengakui kenabian Muhammad SAW. Mereka berkeyakinan bahwa malaikat Jibril salah menurunkan wahyu, seharusnya bukan kepada nabi Muhammad SAW, tetapi seharusnya kepada Ali bin Abi Thalib. Mereka bukan saja mengingkari Abu Bakar, Umar dan Utsman, bahkan sampai mengingkari kenabian Muhammad SAW. Kalau ada sekelompok orang dari kalangan Syiah atau selain Syiah yang sudah sampai kepada keyakinan seperti ini, jelaslah kekafiran mereka.

Dua contoh kasus di atas hanyalah contoh kecil dari bentuk-bentuk penyimpangan aqidah yang sudah tidak bisa ditolelir lagi. Sehingga siapa pun yang berpaham demikian, dianggap telah ingkar kepada esensi paling fudamental dari ajaran Islam. Dan wajar bila termasuk ke dalam kalangan kafir.

Tapi yang jadi pertanyaan di sini adalah: Apakah semua kalangan Syiah berpendapat demikian? Apakah setiap masyarakat yang punya latar belakang paham Syiah, lantas semuanya ingkar kepada Al-Quran dan kenabian Muhammad SAW?

Jawabannya tentu tidak. Lebih banyak di antara mereka yang beriman kepada Al-Quran yang dimiliki oleh umat Islam pada umumnya. Lebih banyak di antara mereka yang tetap mengakui kenabian Muhammad SAW.

Tentunya sebagaimana kalangan kebanyakan masyarakat Sunni, tidak sedikit juga muncul paham-paham ekstrim yang sesungguhnya sudah keluar dari batas-batas paham aqidah Sunni sendiri. Misalnya, paham takfir yang berkeyakinan bahwa semua orang yang tidak ikut berbaiat kepada imam dari kalangan mereka adalah kafir. Paham takfir ini banyak melanda kelompok-kelompok sesat, di mana latar belakang aqidahnya sebenarnya terbilang Sunni.

Oleh karena itu kita tidak bisa main pukul rata dalam menjatuhkan vonis kafir kepada suatu kelompok. Kecuali setelah kita bedah secara mendalam dan dengan kepala dingin. Rupanya, di dalam tubuh Syiah sendiri ada begitu banyak paham dan variasi keyakinan, mulai dari kutub yang paling ekstrim hingga kutub yang paling moderat. Tentu sangat tidak adil untuk menuduh semuanya kafir.

Sebagaimana tidak adil bila kita mengatakan semua Sunni itu kafir, hanya lantaran adanya kelompok-kelompok sempalan yang mengerucutkan aqidahnya hingga keluar batas yang benar.

Benarkah Syi'ah Itsna Asy'ariyah Lebih Berbahaya dari Yahudi?

Beredar di kalangan sebagian umat Islam fatwa yang membingungkan. Yaitu haram hukumnya umat Islam membantu perjuangan Hizbullah karena dianggap bukan Islam, bahkan dianggap lebih berbahaya dari Yahudi itu sendiri.

Syeikh Faishal Maulawi, wakil ketua Majelis Kajian dan Fatwa Eropa telah mengeluarkan fatwa yang intisarinya sebagai berikut:

Jumhur ulama di masa lalu dan di masa kini telah menyepakati bahwa Syiah Itsna Asy-'ariyah termasuk orang-orang Islam dan termasuk ahlul qiblah. Sebab mereka mengikrarkan tidak ada tuhan selain Allah dan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan berhaji.

Memang ada sebagian kecil dari ulama yang memandang kelompok ini kafir, lantaran ada sebagian lafadz dari kitab-kitab mereka yang bisa ditafsirkan keluar dari aqidah yang benar. Tetapi tuduhan ini dijawab oleh para ulama lain bahw kita tidak bisa menuduh kafir hanya dengan menafsirkan tulisan mereka. Sebab perkara menjatuhkan vonis kafir tidak bisa hanya berdasarkan penafsiran semata.

Sehingga bila kita lihat ke belakang, sepanjang sejarah Islam tidak pernah ada larangan bagi penganut paham Syiah Itsna Asy'ariyah untuk menunaikan ibadah haji ke baitullah. Seandainya mereka divonis kafir, seharusnya mereka tidak boleh masuk ke tanah haram, lantaran danggap bukan muslim. Sejarah telah membuktikan kepada kita bahwa umat Islam sepanjang masa tidak pernah menganggap mereka kafir.

Syeikh juga membantah anggapan sementara orang bahwa Syiah Itsna Asy'ariyah termasuk paham yanglebih berbahaya dari Yahudi. Menurut beliau tuduhan seperti ini mengada-ada dan keterlaluan. Seorang muslim tidak layak untuk mengatakan hal yang demikian. Sebab tingkat keberbahayaan Yahudi sudah sangat jelas, baik aqidah, manhaj, idealisme, sistem hidup dan semua. Sesuatu yang tidak demikian pada kelompok Syiah ini.

Demikian petikan fatwa beliau yang berisi bantahan atas tuduhan yang kurang tepat atas kelompok Syiah.

Wallahu a'lam bishshawab, wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc.

http://www.rumahfiqih.com/x.php?id=1155070423

http://kabarislamia.com/2015/04/13/ada-banyak-macam-syiah/ 

Syi'ah itu macam2. Menurut Habib Rizieq Syihab, ada Syi'ah Ghulat yg mentuhankan Ali (Kafir), Syi'ah Rafidhoh yg menghina (Sesat), dan Syi'ah yg lurus. Iran jadi anggota Organisasi Konferensi Islam bahkan pernah jadi Tuan Rumah OKI dan juga MTQ. 45.000 jemaah Haji Iran juga berhaji ke Ka'bah. Mustahil jika Syi'ah itu bukan Islam. Sejak kapan orang kafir boleh masuk kota Mekkah? 45 ribu orang pula…
Wahabi mempropagandakan Syi'ah bukan Islam. Syi'ah kafir. Agama Syi'ah. Nanti mereka fitnah ulama2 Aswaja seperti KH Said Aqil Siradj, Habib Rizieq Syihab, dsb sbg Syi'ah. Pada perang Suriah, mereka bunuh ulama2 Aswaja yg mereka fitnah sbg Syi'ah / pembela Syi'ah seperti Syekh Al Buthi. Jadi hati2.
Wahabi cuma mengenal Syi'ah kafir/sesat saja. Tapi tak mengenal Syi'ah yg lurus. Yang mereka ambil pun hadits2 dhoif/maudlu/palsu untuk memvonis Syi'ah itu sesat. Bukan hadits2 sahih menurut jumhur ulama Syi'ah. Kitab2 yang dikutip pun bukan Kitab Mu'tabar yang diterima mayoritas kelompok Syi'ah. Bisa jadi kitab fitnah buatan Wahabi sendiri.
http://kabarislamia.com/2013/08/06/risalah-amman-ijma-ulama-dianggap-akal2an-syiah-oleh-wahabi/
Qari Indonesia Juara Dua MTQ Internasional di Iran
Qari Indonesia, H Fadlan Zaenuddin berhasil merebut juara kedua Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional ke-20 di Teheran, Iran.Keterangan tertulis Kedubes Indonesia di Teharan Minggu, menyebutkan, peserta MTQ tersebut berasal dari 42 negara.
MTQ Internasional di Teheran merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan bersamaan dengan peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW. MTQ berlangsung selama lima hari dan dibuka secara resmi oleh Presiden Seyyed Mohammad Khatami pada Selasa (23/9). MTQ tersebut ditutup oleh Ketua Majelis (Parlemen) Iran Mehdi Karroubi pada Sabtu (27/9)
http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,1-id,653-lang,id-c,warta-t,Qari+Indonesia+Juara+Dua+MTQ+Internasional+di+Iran-.phpx
Iran Tuan Rumah Pertemuan Menteri OKI
http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/14/12/02/nfxk3x-iran-tuan-rumah-pertemuan-menteri-oki
Sedangkan Dewan Hakim MTQ Internasional Ke-2 Tahun 2013 berasal dari Yordania, Iran, Uni Emirat Arab, dan Indonesia. Dewan Hakim diketuai oleh Dr. Syaikh Samih Assaminah (Yordania).
http://www.pikiran-rakyat.com/node/250865
Langkah esktrem mewarnai ketegangan hubungan kedua negara. Saudi menurunkan kuota jamaah haji asal Iran diperbolehkan hanya 45 ribu orang. Menurun tiga kali lipat dari jumlah sebelumnya. Iran membalas perlakuan Saudi dengan memboikot pelaksanaan ibadah haji pada 1988-1990.
http://www.merdeka.com/dunia/hubungan-diplomatik-iran-arab-saudi-bagai-api-dalam-sekam.html
Baca saja : http://kabarislamia.com/category/aliran-islam/syiah/
Propaganda masif dari pasukan Tanduk Setan dari Najd yg dibiayai pemerintah Arab Saudi membuat banyak orang jadi percaya Syi'ah bukan Islam: http://kabarislamia.com/2013/08/06/risalah-amman-ijma-ulama-dianggap-akal2an-syiah-oleh-wahabi/
"Dari ibnu Umar ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda :"Ya Allah, berkahilah Syam dan Yaman bagi kami." Mereka memohon: "Najd kami lagi wahai Rasulullah, doakan berkah." beliau menjawab: "Ya Allah berkahilah Syam dan Yaman bagi kami." mereka memohon: "Najd kami lagi wahai Rasulullah, doakan berkah." Beliau ( Nabi Muhammad Saw ) menjawab: Di Najd itu tempatnya segala kegoncangan dan berbagai macam fitnah. Dan disana akan lahir generasi pengikut syetan."
Irak hancur karena diserang AS yg diundang Arab Saudi. Suriah hancur karena bughot yg didukung AS dan Saudi. Yaman pun di ambang kehancuran setelah tentara AS, Inggris, dan juga Saudi bercokol di situ.
http://kabarislamia.blogspot.com/2015/03/najd-arab-saudi-serang-yaman-dan-syam.html

Habib Rizieq Syihab:
RIWAYAT HADITS SYIAH

Jadi, jangan ada sikap gebrah uyah dengan "penggeneralisiran" semua Syiah pasti Ghulat dan pasti Roofidhoh, sehingga semuanya pasti Kafir dan Murtad atau Sesat. Sikap seperti itu sangat gegabah dan amat tidak ilmiah, serta bukan sikap Aswaja. 

Selain itu, dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim serta Kitab Hadits Aswaja lainnya terdapat "Perawi Syiah", tapi bukan dari kalangan Ghulat yang Kafir, sehingga jika "mereka" dikafirkan juga, maka berarti ada "Perawi Kafir" dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim serta Kitab Hadits Aswaja lainnya.

Itu sangat berbahaya, karena bisa menjadi "Bumerang" yang menyerang balik dan menghancurkan Aswaja . Itu tidak dilakukan kecuali oleh mereka yang bodoh tentang Ilmu "Jarh wat Ta'diil" atau oleh "penyusup" yang pura-pura jadi Aswaja, padahal tujuannya merusak Aswaja.

Justru adanya riwayat Syiah dalam Kitab Hadits Aswaja, menunjukkan bahwa Aswaja dalam periwayatan Hadits memiliki Metode yang netral, adil, jujur dan amanat, serta jauh dari sikap Fanatisme Madzhab.

Silakan buka pernyataan  Imam Adz-Dzahabi rhm tentang "Riwayat Syi'ah" dalam kitab "Mizaanul I'tidaal" juz 1 hal.29 No.2 pada ulasan "Perawi Syiah" bernama "Abaan bin Taghlib" , dan juz 1 hal.53 No.86 pada ulasan "Perawi Syiah" yang bermama "Ibrahim bin Al-Hakam".

Semua pernyataan Imam Adz-Dzahabi rhm tentang "Riwayat Syiah" dinukilkan juga oleh Imam Ibnu Hajar Al-'Asqolaani rhm dalam kitab "Lisaanul Miizaan" juz 1 hal.103 -104. 

Atau cari dan baca saja langsung dalam kitab-kitab Dirooyaat Hadits, nama-nama seperti : Ibrahim bin Yazid, Salim bin Abil Ja'di, Al-Hakam bin 'Utaibah, Salamah bin Kuhail, Zubaid bin Al-Harits, Sulaiman bin Mihran, Ismail bin Zakaria, Khalid bin Makhlad, Sulaiman bin Thorkhon dan Sulaiman bin Qorom. Mereka semua adalah Syiah, tapi ditsiqohkan dan diterima riwayatnya oleh Ahli Hadits Aswaja.
http://www.habibrizieq.com/2015/03/syiah-vs-wahabi.html

Soal Syi'ah ini ada 2 hal yg harus kita lakukan:
1. Fas'alu Ahli Zikri (Tanya Ulama)
2. Tabayyun langsung ke kaum yang difitnah, yaitu Syi'ah (Al Hujuraat 6). Jangan cuma mendengar fitnah dari kaum Wahabi yang media massa online-nya memang mendominasi 90% website Islam di internet.

 
.
===
Belajar Islam sesuai Al Qur'an dan Hadits di http://media-islam.or.id

Buat website mulai 1 Dinar (Rp 2,4 juta) http://media-islam.or.id/2010/07/22/pembuatan-website-seharga-2-dinar

Bagi yg ingin turut membantu www.media-islam.or.id DSB, bisa transfer mulai rp 5 ribu ke : Rekening BCA No 0061947069 a/n Agus Nizami dan konfirmasi. Mudah2an bisa jadi sedekah kita sbg ilmu yg bermanfaat.
Milis Syiar Islam: syiar-islam-subscribe@yahoogroups.com

__._,_.___

Posted by: A Nizami <nizaminz@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
===


Untuk berlangganan milis Syiar Islam, kirim email ke:
syiar-islam-subscribe@yahoogroups.com
Layanan pembuatan website mulai 1 Dinar: http://media-islam.or.id/2010/07/22/pembuatan-website-seharga-3-dinar

Pusat Grosir Mukena di Solo http://www.grosirsolomukena.com

.

__,_._,___

0 komentar:

Poskan Komentar