Selasa, 13 Januari 2015

[syiar-islam] Sumber Islam: Al Qur'an, Hadits, Qiyas, dan Ijma'

 

Assalamu'alaikum wr wb,

Ceramah  KH Dr Ali Sibromalisi  tadi malam (13 Januari 2014) menyinggung sebagian Muslim yang selalu berkata: "Cukup Al Qur'an dan Hadits saja. Tidak perlu yang lain." Ini mirip aliran Ingkar Sunnah yang menyatakan cukup Al Qur'an saja karena Al Qur'an sudah lengkap dan sempurna. Tak perlu lagi hadits. Akhirnya mereka menjauh dari para ulama. Mereka anggap para Ulama tidak benar dan tidak harus ditaati.

Padahal di Al Qur'an Allah menyatakan jika kita tidak tahu: Fas'alu Ahli Zikri. Tanya pada Ahli Zikir / Ulama. 
http://wp.me/p5lmeX-6O

Firman Allah:
"…Bertanyalah kepada Ahli Zikir (Ulama) jika kamu tidak mengetahui" [An Nahl 43]

Baca selengkapnya di: http://media-islam.or.id/2013/05/27/menghormati-dan-mengikuti-ulama-pewaris-nabi/

Allah juga menyatakan untuk mentaati Allah, mentaati Rasul, dan Ulil Amri (Umara / Ulama). Allah menyuruh kita bermusyawarah.

Sementara Nabi bertanya pada Mu'az bin Jabbal yang akan diutus ke Yaman akan memutuskan perkara dengan apa? Saat Mu'az menjawab dengan Al Qur'an dan Hadits, Nabi bertanya lagi: "Bagaimana jika tidak ada di Al Qur'an dan Hadits?" Mu'az menjawab: "Saya akan BERIJTIHAD". Artinya Mu'az akan berpikir sendiri guna memutuskan itu.

Sumber Islam sendiri menurut paham Ahlus Sunnah Wal Jama'ah adalah Al Qur'an, Hadits, Qiyas, dan Ijma Ulama. Jadi bukan cuma Qur'an-Hadits Qur'an-Hadits saja. Para ulama yang merupakan pewaris Nabi juga ditelaah pendapatnya. Sebab hilangnya ilmu itu bukan karena hilangnya Al Qur'an yang dijamin keberadaannya oleh Allah SWT. Tapi karena kematian para ulama yang mampu memahami ayat2 Al Qur'an.

Di Islam dikenal yang namanya "IJTIHAD". Orang yang melakukan "IJTIHAD" disebut "MUJTAHID". Itu sebabnya Allah menciptakan akal bagi manusia. Jadi kalau ada orang yang menolak hal2 yang selain Al Qur'an dan Hadits, berarti orang ini menolak Ijtihad. Menolak ayat2 Allah dan hadits2 Nabi di atas. Padahal Nabi berkata untuk mengikuti Sunnah Nabi dan juga Sunnah Khulafaur Rosyidiin.

Hadits itu adalah Mubayyinah. Menjelaskan isi Al Qur'an. Nabi Muhammad menjelaskan isi Al Qur'an kepada kaumnya. Penjelasan Nabi Muhammad itulah yang sekarang jadi hadits. Sekarang fungsi Nabi dilakukan oleh para ulama pewaris Nabi yang menjelaskan Al Qur'an kepada ummat dengan berpedoman pada Al Qur'an, Hadits, Qiyas, dan Ijma.

Tidak bisa kita langsung mentafsirkan satu ayat. Tapi hendaknya telaah dulu ayat-ayat Al Qur'an lain yang menjelaskan ayat tsb. Jika tidak ada, cari hadits2 yang menjelaskan ayat tsb. Tak bisa dengan 1 hadits langsung mengeluarkan "Fatwa"...

Contoh, penjelasan siapa orang2 yang bertakwa di Surat Al Baqarah ayat 2 dijelaskan oleh ayat2 lainnya:
"Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa" [Al Baqarah 2]

Ini ayat2 yang menjelaskan siapa orang2 yang bertakwa:

"(yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka. 
dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat
Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung" [Al Baqarah 3-5]

Ceramah membahas Kitab Kuning Hadits Arba'iin mengenai hadits tentang Iman yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi di mana Malaikat bertanya pada Nabi tentang Iman, Islam, dan Ihsan.
 
.
===
Belajar Islam sesuai Al Qur'an dan Hadits di http://media-islam.or.id

Buat website mulai 1 Dinar (Rp 2,4 juta) http://media-islam.or.id/2010/07/22/pembuatan-website-seharga-2-dinar

Bagi yg ingin turut membantu www.media-islam.or.id DSB, bisa transfer mulai rp 5 ribu ke : Rekening BCA No 0061947069 a/n Agus Nizami dan konfirmasi. Mudah2an bisa jadi sedekah kita sbg ilmu yg bermanfaat.
Milis Syiar Islam: syiar-islam-subscribe@yahoogroups.com

__._,_.___

Posted by: A Nizami <nizaminz@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
===


Untuk berlangganan milis Syiar Islam, kirim email ke:
syiar-islam-subscribe@yahoogroups.com
Layanan pembuatan website mulai 1 Dinar: http://media-islam.or.id/2010/07/22/pembuatan-website-seharga-3-dinar

Pusat Grosir Mukena di Solo http://www.grosirsolomukena.com

.

__,_._,___

0 komentar:

Poskan Komentar